Sabtu, 19 Juli 2014

Festival Mahakam : “Hiburan Tahunan Masyarakat Samarinda”

BY Wisnu IN No comments

Antusiasme warga Samarinda
Credit Foto : @nidiakaruniaA

Festival Mahakam adalah sebuah Pesta rakyat tahunan warga Samarinda yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Kominfo Kota Samarinda.

Potret Walikota Samarinda Bpk. H. Syaharie Jaang saat menghadiri Karnaval Parade Nusantara di Tepian Sungai Mahakam
Credit Foto : Wisnu

Lombanya pun bermacam-macam, yang paling seru adalah lomba renang menyebrangi sungai Mahakam. Tak hanya orang dewasa yang mengikuti lomba ini, banyak juga remaja yang mengikuti lomba renang ini. Selain lomba dalam bentuk olahraga, terdapat pula lomba berbentuk seni. Contohnya seperti Lomba tari tradisional dan lomba cipta lagu tradisional. Pada malam hari pun juga ditampilkan music Jazz oleh para mussisi jazz di Samarinda.

Lomba Renang menyebarangi Sungai Mahakam

Lomba Perahu Naga

Terdapat pula Karnaval Parade Nusantara, disini kegiatannya seperti berupa Pawai. Banyak yang ditampilkan dari parade ini, mulai dari kirab marching band dari sekolah-sekolah, tari-tarian, dan parade Hudoq.

Salah satu peserta lomba Tari Tradisional
Credit Foto : Wisnu

Lelaki Dayak
Credit Foto : Wisnu

Salah satu penampilan Marching Band
Credit Foto : Wisnu

Yang paling dinantikan adalah penutupan Festival Mahakam, disini ditampilkan upacara adat Dayak yang bernama Ritual “Hudoq Kawit”. Yang artinya adalah mengait roh padi. Hudoq sendiri adalah pria Dayak yang menggunakan daun pisang menutupi seluruh tubuhnya dan menggunakan topeng binatang buas. Sebelum memulai ritual, puluhan hudoq dan wanita Dayak melakukan tarian berkeliling sambil “Ngiu” atau yang dalam Bahasa Indonesianya berarti berteriak memberikan semangat sambil diiringi tabuh-tabuhan dan Sapeq (Alat music petik Khas Dayak). 

Para Hudoq sedang menari berkeliling di depan Kantor Gubernur Kaltim

Ritual Hudoq Kawit

Anda juga dapat melihat video di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar