Sabtu, 19 Juli 2014

Samarinda sebagai calon kota “Metropolitan”

BY Wisnu IN No comments


Pembangunan
Seperti yang kita ketahui Metropolitan adalah sebuah pusat populasi besar yang terdiri atas satu metropolis besar dan daerah sekitarnya, atau beberapa kota sentral yang saling bertetangga dan daerah sekitarnya. Satu kota besar atau lebih dapat berperan sebagai hub-nya, dan wilayah metropolitan biasanya diberi nama sesuai dengan kota sentral terbesar atau terpenting di dalamnya(Wikipedia). Tak kalah dengan kota-kota lainnya, samarinda sekarang sudah bisa dibilang sangat maju, mulai dari banyaknya mall, hotel, stadion olahraga hingga pembangunan lainnya di Samarinda.
Salah satu pembangunan yang sedang dikerjakan di Samarinda yaitu Bandara Internasional Samarinda Baru yang terletak di daerah Sungai Siring. Bandara itu dibangun untuk menggantikan Bandara Temindung yang terletak di Jl.Gatot Subroto.
Banyak sekali rencana pembangunan-pembangunan di Samarinda,sebut saja seperti Trans Studio di sebelah Hotel Mesra Samarinda dan pembuatan fly over(jalan layang) di sekitar jalan-jalan macet di Samarinda.
Pembangunan di Bandara Internasional Samarinda Baru

Salah satu mall besar di Samarinda

Stadion Palaran di Samarinda. Yang juga merupakan tuan rumah PON (Pekan Olahraga Nasional) XVII tahun 2008 

Saran saya untuk pembangunan di Kota Samarinda :
  • Sebaiknya pembuatan fly over harus dituntaskan secepatnya, agar tidak terhenti seperti sekarang ini. Jika sudah ada fly over kemacetan dapat dengan mudah diatasi. Untuk diketahui kemacetan di samarinda ini sudah bisa dibilang menyamai dengan kemacetan di kota Jakarta, apalagi seperti jam pulang kantor pasti selalu macet di daerah Teluk lerong.
  • Sebaiknya kebersihan-kebersihan di tempat umum juga di jaga, salah satu contohnya Stadion Palaran. Diperlukan kesadaran masyarakat Samarinda sendiri untuk menjaga kebersihan di manapun. Tak hanya stadion Palaran saja yang harus di jaga, semua tempat di Samarinda pun harus dijaga kebersihannya.  Sesuai dengan slogan bersih itu sebagian dari iman. 


Potensi:

Potensi di kota Samarinda pun tidak kalah dengan kota-kota lainnya salah satu contohnya tambang batubara. Meskipun tambang batubara banyak pro dan kontra nya tetapi itu adalah salah satu penghasilan dari kota Samarinda. Jika pro-nya adalah sebagai salah satu penghasilan sedangkan kontra-nya adalah dapat merusak lingkungan dan tambang bekas galian yang tidak ditutup dapat menimbulkan kerugian. Sebaiknya para pengusaha tambang.

Tambang Batubara "Pencabut Nyawa"


Saran saya :
  • Sebaiknya para pengusaha tambang jika sudah tidak adalagi batubara di tempat itu, sebaiknya melakukan penutupan tambang tersebut. Karena, terdapat pula tambang yang ditinggal pergi begitu saja setelah di kerjakan. Karena tambang yang tidak ditutup dapat menimbulkan korban jiwa.


Oleh-oleh:

Jika kalian berkunjung ke samarinda, sempatkan untuk membeli Sarung samarinda yang berada di Samarinda Seberang, jangan lupa juga untuk membeli makanan khas kota Samarinda, contohnya aplang dan lempok durian. Anda juga dapat membeli kaos-kaos khas samarinda hingga pakaian adat khas Dayak. Banyak sekali toko-toko penjual oleh-oleh khas samarinda. Seperti di Jl.Antasari, Jl.Slamet Riyadi.
Tempat penjualan oleh-oleh khas Samarinda di Jl.P.Antasari

Sarung Samarinda



Daftar Wali Kota Samarinda



Sempatkan dari Anda untuk berlibur di 
Kota Samarinda











0 komentar:

Posting Komentar